Promote your Website with BidVertiser. Get $20 in FREE clicks.
Wisata bahari bertajuk Sail Bunaken 2009 yang akan berlangsung pada pertengahan Agustus mendatang akan menyuguhkan puluhan acara untuk menarik lebih banyak wisatawan mancanegara (wisman) sekaligus mendorong perkembangan wisatawan nusantara (wisnus).

“Sail Bunaken 2009 yang akan berlangsung pada pertengahan Agustus mendatang telah mengagendakan sepuluh kegiatan utama,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Firmansyah Rahim dalam keterangannya di Gedung Sapta Pesona Jakarta, awal pekan ini.

Beberapa kegiatan yang digelar untuk menarik wisman dan wisnus di antaranya sailing pass dan fly pass yang menurut rencana akan dipimpin Presiden RI Susilo Bambang Yudhono di Teluk Manado, Sulawesi Utara.

Ia mengatakan, dalam sailing pass dan fly pass di Sail Bunaken 2009 tersebut telah terdaftar sebanyak 39 kapal perang dari 26 negara, 4 tallships (Nadezhda/Rusia, Dewa Ruci, Arung Samudera, dan Tunas Samudera), serta 162 yacht.

“Di antara sepuluh kegiatan di Sail Bunaken 2009 akan ada pemecahan rekor selam oleh 1.500 penyelam yang akan masuk dalam Guiness Book of Records,” kata Firmansyah.

Debudpar sebagai anggota panitia Sail Bunaken 2009 akan melakukan jamuan makan malam dan cultural performance bagi peserta yacht rally.

Pihaknya juga melakukan berbagai upaya lain sebagai bentuk pemasaran sekaligus promosi kegiatan tersebut di antaranya membuat brosur paket wisata Discover the Best of Manado, iklan di media elektronik, pemasangan Baliho di depan Kantor Debudpar, berpartisipasi dalam Bunaken Expo, dan sosialisasi Sail Bunaken 2009 kepada masyarakat Manado.

Sementara itu, Sail Bunaken akan diikuti 50 kapal yang datang dari wilayah Utara berkumpul di Australia, Timur (Jepang), dan Barat (Singapura) untuk melakukan rally selama 2-3 bulan di perairan Indonesia.

Kapal-kapal yacht yang akan ikut dalam Sail Bunaken ini akan mulai tiba di Manado sekitar 1 Agustus mendatang. Informasi lengkap mengenai acara ini dapat diperoleh di situs http://www.sailbunaken2009.com.
MBK
Sumber : Antara

Iklan