Danau waduk cirata terletak di 2 kabupaten,yaitu kabupaten cianjur dan kabupaten bandung barat.Terbentuk dari di bendungnya sungai citarum yang bermula di bandung.

Perjalanan menuju ke waduk cirata dari cianjur bisa melalui jonggol atau jalur bandung –jakarta.Arah yang  tepat menuju waduk dari cianjur dari arah jakarta adalah di daerah cikijing-cianjur menuju Jangari.Lokasi yang tidak jauh dari pusat kota,sekitar 20 menit perjalanan.Pemandangan yang disajikan adalah peternakan kolam jaring apung yang mensuplai ikan air tawar ke seluruh pulau jawa dan sumatra.Untuk potensi pariwisata,sangat baik bila dikunjungi dengan keluarga ,karena bisa melakukan perjalanan dengan perahu sewa yang banyak tersedia.

Ongkos transportasi naik perahu dihitung Rp.10.000/ orang atau bisa langsung nego dengan pihak yang bersangkutan.Fasilitas makanan anda restouran yang menyajikan ikan bakar di jaring apung dengan nasi liwet dengan paket Rp.60.000 per paket makanan.

Sarana dan Prasarana sangat menunjang,karena terdapat tempat ibadah,restoran,area rekreasi dan tempat pemancingan.Pengembangan objek wisata jangari /danau cirata sedang dikembangkan oleh kabupaten cianjur,bahkan penanaman seribu pohon untuk penghijauan telah dilakukan pihan perhutani dengan BPWC PLN.

Danau waduk cirata ini di huni sekitar 100.000 petak jaring apung dengan omset pendapatan sekitar Rp.500 juta hingga 1 milyar per hari.Ikan yang dijual di waduk ini adalah ikan mas,ikan nila,ikan nila merah,gurame,grasscap,mola dan berbagai jenis ikan air tawar.

Suasana sejuk dan panar beradu menjadi satu disaat kita datang ke waduk cirata,berbeda dengan waduk jatiluhur dan saguling,karena beberapa fasilitas sedang dibangun untuk kenyamanan rekreasi keluarga bahkan investor mulai melirik pengembang pariwisata di daerah ini.