Membangun jembatan bukan perkara mudah. Selain menopang kendaraan dan pejalan kaki yang setiap hari melaluinya, jembatan juga harus fleksibel menahan terapaan angin dan dibuat mampu “mengalah” jika ada kapal yang ingin melintasinya.

Hebatnya, arsitek-arsitek dan insinyur di seluruh dunia berhasil membuat jembatan-jembatan yang tidak hanya kuat, namun juga cantik dan unik. Berikut ini beberapa jembatan-jembatan menakjubkan dari berbagai jenis dan peruntukkannya.

Rolling Bridge

Rolling Bridge atau Jembatan Bergulung ini didesain oleh studio desain asal Inggris, Heatherwick Studio pada 2004 dan dikerjakan oleh Littlehampton Welding Ltd. Jembatan sepanjang 12 meter tersebut secara khusus dibuat bagi para pejalan kaki untuk memudahkan mobilisasi para pekerja dan penduduk setempat di Grand Union Canal, Paddington Basin, London.

Masalahnya, tidak hanya para pejalan kaki yang membutuhkan mobilisasi di Gran Union Canal. Maka itu, fitur unik jembatan yang mampu “bergulung” ini sebenarnya dibuat agar perahu-perahu dapat melewati jembatan tanpa masalah.

Struktur jembatan ini dapat “tergulung berkat” beberapa hidrolik pada pagar jembatan tersebut. Delapan bagian jembatan perlahan akan terangkat dan kemudian “menggulung” sendiri.

Henderson Waves

Jembatan cantik sepanjang 274 meter ini membentang dari Mount Faber Park hingga Telok Blangah Hill Park. Di atasnya, Anda dapat menikmati pemandangan cakrawala indah luar biasa.

Namun, bagi Anda yang takut ketinggian, ada baiknya berhati-hati. Pasalnya, jembatan tersebut membentang 36 meter di atas permukaan Henderson Road.

Seperti kebanyakan fasilitas umum lainnya di Singapura, jembatan yang dapat Anda tempuh hanya dalam lima menit ini memiliki fasilitas bagi penduduk berkebutuhan khusus. Bagi yang suka berolah raga, ingin mengabadikan momen pra-pernikahan, atau hanya sekedar bersantai, jembatan dengan “rusuk-rusuk” ini terbuka untuk publik dari pukul tujuh pagi jam dua dini hari. Jangan lupa, nikmati keindahan cahaya LED di jembatan ini pada malam hari!

Langkawi Sky

Ini merupakan salah satu jembatan tercantik di Asia Tenggara. Jembatan tersebut berada di wilayah Gunung Mat Cincang di Malaysia.

Sepanjang 121,9 meter, jembatan ini akan membawa para turis berjalan-jalan 609,6 meter meter di atas permukaan laut. Sebelum sampai ke jembatan, para pengunjung harus menumpang kereta gantung terlebih dahulu.

Jembatan ini termasuk salah satu jembatan tertinggi di dunia. Bentuknya yang melengkung memberikan kesempatan bagi para wisatawan untuk menikmati pemandangan sekitar, tanpa harus mengorbankan keamanan. Ujung-ujung jembatan ini memiliki dek observasi berbentuk .

Gateshead Millenium

Selain “Jembatan Menggulung”, ada lagi jembatan unik hasil karya perusahaan arsitektur asal Inggris. Jembatan bernama Gateshead Millenium ini dibuat oleh Wilkinson Eyre untuk menghubungkan antara Gateshead dan New Castle.

Jembatan ini memiliki enam hidrolik untuk “mengangkat” konstruksinya ketika diperlukan. Proses pengangkatan ini hanya memerlukan waktu lima menit. Setelah itu, ia akan mengangkat setinggi 40 derajat.

Uniknya, sebelum dipasang pada tempatnya, jembatan ini sudah jadi sempurna sebagai satu entitas. Ia perlu diangkat oleh derek mengapung terbesar di Eropa, yaitu Asian Hercules II.

Gustave Flaubert

Jembatan yang akan “membuka” ketika kapal datang melintasinya sudah banyak dibuat. Namun, bagaimana dengan jembatan yang akan “terbang” ketika sebuah kapal akan melintasinya?

Jembatan bernama Pont Gustave Flaubert ini merupakan satu dari jembatan-jembatan yang akan terangkat secara vertikal ketika ada kapal mendekat. Jembatan di atas Sungai Seine di Rouen, Perancis, ini memiliki total panjang berukuran 670 meter. Dibuat pada 2004, pembangunan jembatan ini selesai pada 2007 lalu.


Sumber :
Berbagai sumber
Editor :
Latief