Pesawat Garuda saat di Bandara Soekarno Hatta (VIVAnew/Maryadi)

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia selama arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini menambah empat jadwal penerbangan. Hal ini dilakukan untuk mengatisipasi lonjakan penumpang tujuan Jakarta-Solo maupun sebaliknya.

General Manager Garuda Indonesia cabang Solo, Syamsuddin JS mengatakan penambahan jadwal diberlakukan tanggal 18, 19 dan 21 September mendatang. Sementara itu, untuk penambahan jadwal penerbangan pada arus balik akan dilakukan tanggal 24 – 27 September 2009.

“Penambahan itu dilakukan dari tiga kali menjadi empat kali penerbangan setiap harinya selama arus mudik dan arus balik lebaran mendatang. Sehingga, selama empat hari itu terdapat empat kali jadwal penerbangan tujuan Solo-Jakarta maupun sebaliknya,” kata dia.

Selain menambah jadwal penerbangan, lanjut dia, pihaknya juga mengganti jenis pesawat yang melayani jalur Solo-Jakarta, yakni dari jenis pesawat Boeing 737-400 menjadi Boeing 737-800. Yang mana kapasitas jumlah penumpang dari pesawat pengganti tersebut lebih banyak.

“Kalau biasanya pesawat Boeing 737-400 hanya memiliki kapasitas 120 kursi. Kini, jenis pesawat penggantinya itu memiliki kapasitas sebanyak 165 kursi,” sebut Syamsudin.

Sementara itu ketika disinggung mengenai tingkat reservasi tiket arus balik, dia mengakui, saat ini pemesanan tiket sudah mencapai 90 persen. Sebab, sebagian besar calon penumpang Garuda Indonesia sudah memesan pembelian tiket jauh hari sebelumnya.

Laporan: Fajar Sodiq | Solo
• VIVAnews